Resensi Buku Anak "Aku Cerdas Mengelola Emosi"

Judul Buku : Aku Cerdas Mengelola Emosi
Penulis : Watiek Ideo & Fitri Restiana
Penerbit : BIP ( Bhuana Ilmu Populer)


Buku ini aku beli karena kebutuhan untuk mengenalkan ke anak-anak tentang emosi sangat urgent. hahaha. Maklum anak-anak sudah akan menyentuh angka 7 tahun, emosinya makin lama makin beragam dan aku gagap untuk mengatasinya. 

Buku Aku Cerdas Mengelola Emosi adalah termasuk katagori chapter book,  terdiri dari 10 bab. Setiap bab mendeskripsikan jenis emosi dan cara mengelolanya. Berisi 10 cerita pendek tentang contoh-contoh emosi yang sering keluar pada diri anak-anak. Dalam buku ini anak-anak diajak untuk mengenali emosi agar kelak bisa mengendalikan nya.  Ilustrasi dibuku ini juara banget  deh, gimana enggak ada 10 ilustrator yang berkontibusi dibuku ini. Sebagai seorang  yang cuma bisa gambar pemandangan strandar  kayak aku, ilustrasi  gambar disini cakep sehingga membuat buku dengan 146 halaman ga bosan untuk dibaca sampai akhir.

Adapun daftar isi cerita pendek yang ada di dalam buku  Aku Cerdas Mengelola Emosi ,yaitu :

➽ Roti Kesukaan Sisi
➽ Lomba Busana
➽ Boneka Bersama
➽ Sakit Gigi
➽ Jajanan Lezat
➽ Kado untuk Ibu
➽ Krisan Kiki
➽ Bermain di Taman Kota
➽ Barang baru
➽ Ketika Ayah Pergi

Bagian favourite cerita dalam buku ini bagi anak perempuanku adalah cerita berjudul "Krisan Kiki". Alasannya karena dia lagi suka bunga-bunga dan tanaman. Lain dengan anak lelakiku yang suka dengan cerita "Ketika Ayah Pergi" alasanya karena suka liat mobil Ambulance.heheh.Absurd .

Penggalan cerita "Krisan Kiki"

Cover sub judul "Ketika Ayah Pergi"

Membacakan buku Aku Cerdas Mengelola Emosi  bukan cuma  jadi seperti pasang kuda-kuda buat anak tapi juga buat orangtua ketika anak-anak meluapkan emosi yang datang tanpa permisi. Orangtua sebaiknya bersikap seperti apa ketika anak-anak sedang kecewa karena gagal, iri karena anak lain punya mainan baru, jadi penakut sampai tidak mau mencoba hal positif yang baru, ataupun sabar dalam proses. 

Karena buku ini adalah jenis buku cerita bergambar panjang dengan gambar yang mendeskripsikan cerita jadi buku ini cucok dibacakan anak usia 4-8 tahun. Untuk anak-anak yang baru mulai belajar membaca, buku Aku Cerdas Mengelola Emosi bagus jadi bahan bacaan karena ukuran huruf tidak terlalu kecil, tata bahasa yang baik dan  kosakata baru banyak bermunculan disini.

Buku Aku Cerdas Mengelola Emosi masuk ke  recommended book deh.  Dalamnya terdapat kisah sehari-hari pasti lebih mudah memasukkan nilai moral ke anak-anak.

Membacakan buku adalah salah satu cara yang paling halus untuk menasehati anak. Seperti para pakar pisikolog anak bilang " Anak-anak adalah peniru ulung". Selain meniru tingkah laku secara nyata dari orang-orang terdekatnya, mereka juga senang meniru dari media lain, salah satunya ya BUKU.  Jadi penting buatku memilihkan buku-buku yang punya value moral,agama juga life skill.




0 komentar:

Posting Komentar