Mini Workshop Eco Enzyme, Rumbel Green Komunitas IP Batam


Mini Workshop Eco Enzyme, Rumbel Green Komunitas IP Batam ;
Setelah launching November 2019 lalu Rumbel (Rumah Belajar) Green Komunitas Ibu Profesional Batam mengadakan acara mini workshop Eco Enzyme dan terbuka untuk umum. 

Rumbel Green biasanya berbagi dan belajar bersama prihal hidup minim sampah  dengan member satu komunitas tapi kali ini Rumbel Green mencoba memberi kebermanfaatan dan kesempatan belajar bersama bagi non member. 

Foto bersama peserta workshop Eco Enzyme

Mini workshop eco enzyme diadakan untuk mengedukasi pengolahan sisa konsumsi/sampah organik menjadi eco enzyme yang kaya manfaat.


Sabtu, 14 Maret 2020 acara mini workshop eco enzyme  yang dihadiri oleh 30an peserta berlangsung diaula perpustakaan daerah Kepri- Batam. Kenapa disebut mini workshop? Karena peserta dibatasi 30 orang saja agar peserta dapat fokus terhadap apa yang sedang dipelajari.

Peserta Acara

Acara workshop dimulai sesuai dengan budaya komunitas yang sedang diusahakan oleh member yang kebanyakan adalah Ibu bekerja di ranah domestik yaitu budaya OTW ( Ok Tepat Waktu) dan Zero Waste, sehingga peserta diminta untuk membawa tempat minum sendiri dan panitia hanya menyediakan air minum isi ulang. 

Display pernak pernik menggunakan blackboard lebih epik dan tidak menimbulkan sampah

Jam 8.30 dibuka pendaftaran ulang selama 30 menit. Saat daftar ulang peserta workshop eco enzyme harus mencuci tangan menggunkan hand sanitizer yang sudah disediakan di meja pendaftaran, ini adalah salah satu upaya pencegahan penyebaran virus yang saat ini sedang marak. Menariknya Hand Sanitizer dibuat menggunakan eco enzyme. Peserta juga langsung mendapatkan starter kit berupa bahan praktek pembuat eco enzyme yaitu wadah ember 5L dan molases 300gr, serta snack dengan wadah takir sebagai upaya minim sampah di event ini.   

Hand Sanitizer dimeja pendaftaran

Selain konsumsi, dekorasi pun harus sesuai dengan kaidah event zerowaste yang sejatinya tidak menghasilkan sampah atau meminimalisir adanya sampah apalagi sampah yang tak terurai. Banner reusable dibuat untuk setiap event Rumbel Green, papan ucapan selamat datang menggunakan papan tulis whiteboard. Spanduk acara digantikan dengan papan tulis blackboard. Ini yang selalu saya suka : dekorasi epik. Ternyata dekorasi unik cantik masih bisa dihadirkan walaupun tidak menggunakan spanduk atau printilan sekali pakai.

Snack menggunakan takir sebagai wadah


Jam  09.00 MC membuka acara mini workshop Eco Enzyme. Diawali kata sambutan  oleh Fitriza Prima selaku ketua komunitas Ibu Profesional Batam. Sambutan tersebut berisi pengenalan komunitas IP dan Rumbel Green kepada member non IP dan tujuan diadakan nya acara workshop .

Fitriza Prima sebagai ketua Komunitas Ibu Profesional Batam

Kurang lebih satu setengah jam mbk Erli Oktania sebagai narasumber memberikan materi Eco Enzyme dan disusul dengan berbagai pertanyaan oleh peserta yang antusias sekali. 

Ibu Erli Oktania sebagai narasumber Eco Enzyme

Tiga puluh menit kemudian peserta dengan membawa staterkit diarahkan ketempat praktek membuat Eco Enzyme. Dengan dipandu oleh narasumber para peserta langsung praktek membuat eco enzyme. Bahan seperti sisa konsumsi buah maupun kulit buah serta timbangan juga air  sudah pun disediakan oleh panitia acara.  
Praktek membuat Eco Enzyme
Selesai praktek peserta masih antusias bertanya hal tentang eco enzyme ini, sehingga panitia harus menyediakan ruang bertanya online melalui whatsapp grup selama tiga hari pasca acara mini workshop eco enzyme. 
Spanduk "Selamat Datang" diganti dengan whiteboard bertuliskan "selamat datang"
Banner reusable Rumbel Green, 

Dilanjutkan ke acara bagi-bagi hadiah. Bagi peserta yang dapat menjawab pertanyaan dari narasumber maka berhak mendapatkan hadiah dari sponsor acara yaitu  produk dari Cikapa (IG @cikapa_26) dan bros cantik dari @nanabim_id Juga pembagian hadiah Rumbel Challenge bagi tiga pemenang member Rumbel Green yang mengikuti tantangan Cuci Plastik.
Dipenghujung acara panitia mengadakan mini bazar. Diantara produk yang dijual adalah : Molases, tas belanja Rumbel Green, wadah 5 liter, starter kit. Selain antusias belajar rupanya peserta juga antusias belanja. Hehe

Bazar digelar di atas panggung 
Acara dimulai tepat waktu dan ditutup juga dengan tepat waktu. Setelah acara bagi-bagi hadiah, tepat jam 12.00 wib acara ditutup dengan foto bersama.

Terimakasih kepada sponsor acara mini workshop eco enzyme : @tobakue_legenda & @cikapa_26 yang mendukung keberlangsungan acara ini. 

Alhamdulillah  acara berjalan dengan lancar dan sukses . 🎀🎀🎉🎉🎉🎊🎊🎊

0 komentar:

Posting Komentar