Resep Mie Ayam Anti Gagal


Resep Mie Ayam Anti Gagal; Mie ayam. Sosok makhluk kasat mata berbentuk keriting dan menor karena dibubuhi ayam kecap plus sayur sawi hijau di atasnya ini sangat beruntung karena telah aku pilih sebagai makanan favorit aku.


Aku suka mie ayam udah lama banget, dari harga mie seharga 3 permen kojek  sampai harga itu berubah menjadi sepack permen kojek sekarang. Automatis ngitung harga atau automatis ngitung umur aku, kalian sekarang ? Hahha

Aku pernah nabung uang jajan seminggu cuma untuk beli semanggkok mie ayam. Dan pernah disuruh milih antara buku dan mie ayam and the winner is mie ayam. Aku ga tau perasaan mie ayam ini ke aku apa sedalam perasaan aku ke dia. Kalau jawabannya adalah tidak, maka cinta ku bertepuk sebelah sumpit . #garing.

Nah karena ada project anak-anak bikin mie, jadi lah mie homemade itu ku buat mie ayam dan anti gagal. 

Baca juga:  DIY Mie Hijau Homemade

Caranya ga seribet yang ditulis disini, maka dari itu tulisan ini jangan cuma dilihat tapi juga dipraktekkan. Xixixi

Bahan yang perlu disiapkan :

.1. Mie hijau
.2. Ayam sepotong doank (mungkin kurleb ¼ kg), cincang ayam
.3. Sawi hijau
.4. Bawang putih , geprek dan cincang
.5. Kecap
.6. Minyak goreng
.7. Gula, garam, penyedap (untuk rasa)

Bumbu yang dihaluskan :
.1. Bawang putih 5 siaung
.2. Bawang merah 3 siaung
.3. Kunyit ¼ ruas
.4. Jahe ½ ruas 
.5. Kemiri 3 butir

Cara buat bagian 1 :

Buat minyak untuk mengaduk mie ayam. Caranya goreng bawang putih cincang, setelah setengah matang masukan ayam yang sudah dicincang. Goreng sebentar ayam nya , jangan kelamaan khawatir ayam akan keras. 

Pisahkan ayam yang sudah matang dan minyak bekas menggoreng. Minyak ini nantinya akan jadi bahan untuk mengaduk mie. 

Cara buat bagian 2 :

Buat ayam cincang kecap untuk campuran makan mie. Caranya : tumis bumbu halus sampai wangi, masukkan ayam yang sudah digoreng sebentar dengan bawang goreng tadi. Aduk sampai matang. Beri gula, garam, penyedap. Tes rasa. Aku buat agak basah ya, banyak kuahnya. Karena klimaks mie ayam itu menurutku ya di si kuah kecap ayam cincang ini. Dan sekaligus aku ga bikin kuah bening nya. Kenapa? Karena aku udah laper, bahahha. Mau yang praktis aja 

Cara buat bagian 3 :

Untuk merebus mie. Siapkan air sepanci , rebus sampai mendidih, beri minyak makan supaya mie ga nempel. Masukan mie rebus sampai matang, angkat tiriskan. 

Platting :

Siapkan mangkok, masukan satu sendok minyak yang sudah kita buat untuk mengaduk mie. Masukan mie yang sudah tiris air nya, aduk aduk, cara ngaduknya mirip mamang jualan mie ayam. Enjoy dan nikmati proses ngaduknya. 

Lalu tambahkan potongan sawi yang sudah direbus, tambahkan lagi ayam kecap cincang, kuahnya agak banyak . Siap disajikan . Selamat menikmati.

Pengalaman ku bikin mie ayam kan udah lumayan banyak, kalau dibuat Curriculum Vitae bisa sehalaman sendiri karena terlampau sering. Nah menurutku eksekusi mie hijau menjadi mie ayam ini yang paling berhasil. Rasa enak, tampilannya aduhai, aku merem melek makannya. 

Ga kebayang kalau dibuat acara tv ini udah mirip host berbadan gempal, kulit sawo matang yang ngomong lazizzzz...lazizzzz itu. 

Ukuran bahan-bahan yang aku pakai cukup untuk buat mie ayam hijau 2 porsi. Coba deh. 

8 komentar:

  1. Aku gak mau bikin meski resepnya sudah tayang. Maunya digosendkan ke sini. Beda tangan biasanya beda rasa meski dengan resep yang sama 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masak sama-sama aja kita ya. Ga pede aku masakin chef seperti dirimu
      .

      Hapus
  2. Maaakk, aku baca ini malem2 jd lapeeerrrr... emg lg pngn mie ayam nih.. ya ampuunn.. bawain lah sini ke rumah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ampun, msak iya bawain ke rumah malem2, nanti dikira mbk kunti jualan mie ayam ni aku nanti hehahahe

      Hapus
  3. Ternyata kunci minyaknya itu justru dari paduan bumbu sama si ayam itu ya. Ipeh mau coba ah kapan2

    BalasHapus