DIY Mie Hijau Homemade



DIY MIE Hijau Homemade; Gadget dan internet , adalah dua benda ajaib zaman sekarang. Bersatu nya Gadget & internet hampir mirip seperti pertemuan Alladin dan Jin. Kamu mau informasi apa aja semua disediakan dengan kehadiran mereka ini. 

Karena aku ingin mengajarkan anak-anak bahwa gadget ini bisa digunakan untuk belajar bukan cuma untuk nonton film Frozen atau Ultramen Ribut akupun mulai mengajarkan mereka  supaya lebih bijak menggunakan gadget.

Berawal dari makanan kesukaan si sulung Ziya yaitu Mie. Sukanya Ziya terhadap Mie sudah masuk ke level siaga. Kalau makan diluar rumah, Ziya pasti sudah siap siaga untuk pesen Mie. Kalau abi nya lagi pegang mangkong sambil huhah..huhah...dia juga mulai siaga untuk minta Mie, padahal yang dimakan bapak nya sop. Pokoknya Ziya love noodle too much.

Sebagai ibu yang sok higienis aku pun khawatir , kalau anak ku makan mie terus terusan dan mie yang dibeli diluar itu tidak terjamin kebersihan dan komposisi nya apa aja, menyehatkan atau akan menimbulkan pengeluaran budget berobat. Yah namanya juga emak kan ya level khawatirnya sungguh lebih mengkhawatirkan. Hahha. Dalam kehawatiran itu timbul ide untuk membuat Mie sendiri dirumah. 

Karena anak-anak ku belajar dirumah (Homeschooling) jadi Homemade Mie ini akan melibatkan mereka. Sebagai keluarga Homeschooler  ada kegiatan Cooking Class yang kami jadwalkan setiap habis gajian. Karena kalau akhir bulan membaca pun kami sulit apalagi memasak. Hahaha. 

Obrolan di malam bulan sabit, Jumat pahing, Tahun baru Imlek. #apaansih. "Zi kita bisa loh buat mie sendiri". Dia bengong bin penasaran " emang iya Nda?". Aku bilang: "Iya donk, yook kita liat cara bikin nya di you tube".

2 tutorial buat  homemade Mie yang kami jadikan referensi. Ga banyak memang,khawatir terjadi banjir informasi malah ga praktek. Hehhe

Baiklah , besok hari nya kami mulai belanja bahan membuat mie. Mie  yang akan kami buat ini adalah mie Hijau dengan pewarna sayuran . Bahan nya sederhana banget, dan bahan-bahan pembuat mie ini biasa emak-emak stok dirumah. Sebagai percobaan kami membuat ½ resep dari resep asli. 

Bahan Membuat Mie Hijau Homemade:

.1. Terigu 250g
.2. Sagu 1 sendok makan
.3. Telur 1 butir (kocok lepas)
.4. Jus sawi 50ml (daun sawi diblender dg air)
.5. Sejumput garam


Cara buat nya :

Masukan terigu, sagu dan garam aduk sampai rata. Tambah dengan telur, aduk rata. Masukan jus sawi sedikit demi sedikit aduk sampai adonan kalis. Tutup adonan, diamkan selama 20 menit agar adonannya lebih kenyal dan ga mudah putus saat di giling.

Proses pengadukan adonan 
Adonan yang sudah kalis, tinggal ditutup

Setelah 20 menit potong adonan menjadi beberapa bagian. Jika ada alat membuat mie dirumah (ampia) akan lebih mudah dan cepat. Tapi jika ga ada ampia, jangan kecewa, tarik nafas dalam, buka fikiran, dan buka kembali internet di rumah, buka google dan cari menggunakan kata kunci alat alternatif untuk membuat mie selain ampia. xixix

Ting, sudah dapat kan ? Yak ternyata selain ampia, kita bisa menggunakan rol kue dan pisau. Nah masalah nya kami pun ga punya rol kue. Kere emang. Tapi dengan kekerean ini kami punya banyak ide untuk mencapai tujuan. Hahaha. Gimana cara nya ? Akhirnya peran rol kue digantikan dengan botol kaca bekas sirup. 

Abil satu bagian adonan, letakkan di atas talenan bersih yang sudah ditaburi sagu supaya ga lengket lalu ratakan menggunakan botol kaca. Ratakan sampai tipis tapi tidak mudah patah. Lalu gulung mirip bentuk kue semprong. Potong-potong. Taburi sagu sedikit agar tidak menempel mie satu dengan mie tetangga ehh dengan mie lainnya. Mie siap diolah menjadi olahan mie lain nya

Meratakan adonan dengan botol kaca
Giling dan ratakan sampe setipis ini 

Adonan digulung dan dipotong seperti ini hasilnya

Simple sekali bikin mie ini. Saya sendiri ga menyangka buat mie itu mudah dan murah dan langsung berhasil ga pakai gagal.


Mie nya sudah jadi


Lalu Homemade Mie Hijau kami olah menjadi Mie Ayam yang juga anti gagal. 

8 komentar:

  1. Wah seru kegiatannya kak zia n abang zaltan, keren telaten banget bikin mie manual tanpa ampia. Mana resep mi ayam anti gagalnya? Ditunggu yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kegiatannya cari yang mudah mudah aja emang. Yookk sini Faris beradik, kita berkegiatan bareng

      Hapus
  2. Foto mie ayamnya mana nih? 🤭

    btw cara berkisahnya mak green ini emang lucu yak. Kusuka kusuka...

    Makasih infonya. Insyaallah kucoba kapan-kapan kl pas diriku rajin hehehe

    BalasHapus
  3. Wow... Di luar dugaan, buat mi nya tanpa ampia.. Mak green, kalau kopdar bawa mie ayam anti gagal nya yak 😉😉

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang ga punya ampia, hiks. Makanya kami cari alternatif lain. Tapi rasa sama enak nya loh.

      Hapus
  4. Emang selalu mantul nih mak green dan duo Z. Kapan2 cooking bareng yukks

    BalasHapus