Tema Botanical Mix Zerowaste di Event Kopdar Rumbel Reborn Komunitas Ibu Profesional Batam


Komunitas IP ( Ibu Profesional ) Batam merombak strategi Rumah Belajar (Rumbel) nya agar "hidup" dan bergairah kembali. Jadi untuk menyamakan persepsi diadakan acara kopdar  sebagai pembangkit semangat dengan tema Rumbel Reborn. 

Yang jadi "sorotan kamera" adalah bahwa Acara Rumbel Rebon IP Batam mengusung tema Zerowaste. Sebenarnya sudah sering event ataupun kopdar komunitas IP Batam dengan tema Zerowaste yang berbeda adalah kali ini di mix dengan tema  Botanical. Epik. 

Aw..aku gemes lihat printilan Botanical yang mejeng cantik jelita di acara Rumbel Reborn ini. 

Sebagai contekan untuk mengadakan event tema Zerowaste mix Botanical  bisa di intip dari  sini :

Backdrop


Backdrop cantik nan elok ini yang menjadi pusat perhatian berpasang-pasang mata ibu-ibu muda penuh gelora untuk membangun peradaban dunia .Sihiyyy. Menggunakan kain putih yang dihiasi dengan dedaunan segar bertuliskan Rumbel Reborn. Ditambah pajangan macrame putih kece. Dedaunan yang diberi kesan seolah menebar tak pakai aturan. Membuat  backdrop ini cantik tapi ga menor, sederhana tapi ga norak.  Unik dan berseni deh kesannya.

Tidak lagi menggunakan backdrop spanduk sekali pakai langsung buang dan ujung-ujung menjadi sampah tak terurai.

Name tag & Number tag

Suasana botani pun menempel di printilan seperti Name tag & Number tag. Daun berukuran  ga terlalu besar tapi ga terlalu imut bertuliskan nama para peserta dengan tinta putih didaulat sebagai daun dengan tugas mejeng dibagian atas baju atau jilbab peserta sebagai name tag. Aku suka sekali name tag ini, ga pasaran. Lain dari biasanya. 
Name tag


Kalau kamu lebih perhatian daun  yang dipakai adalah daun sirsak. Daun sirsak dipilih karena tidak mudah layu dan teksturnya licin sedikit glowing. Jika  di mix dengan makeup highlighter   para ibu-ibu peserta acara , dijamin mata yang melihat jadi silau banget. Hehehe.  

Number tag menggunakan daun mangga beserta mangga nya. Ihh boong banget.hehehe.

Number tag

Sebagai pembeda dengan name tag , daun mangga dipilih untuk menulis number tag peserta acara Rumbel Reborn. Bentuknya yang agak memanjang, di klip pada bagian atas godie bag secara tidak simetris menjadikan penampakan godie bag ini begitu  manis. 

Catatan penting : jika ingin membuat dekorasi menggunakan dedaunan, harus dipilih daun yang tidak mudah layu. Maaf Bayam dan Kangkung kalian tidak lulus test .Tapi kalian tetap lolos di usus 12 jari ku. Ihihhih.


Godie Bag

Menolak menggunakan godie bag berbahan karton dan menggati dengan tas berbahan sponbond adalah pilihan yang tepat untuk acara tema Zerowaste.  Pasal nya tas berbahan sponbond lebih awet, tidak mudah sobek dan bisa di pergunakan kembali . 


Isi dari godie bag pun tidak melenceng dari tema event, tetap mengibarkan bendera Zerowaste yaitu cairan eco enzyme dan loufah.

Apasih kegunaan kedua benda itu, sehingga pantas untuk dijadikan buah tangan ala event Zerowaste ?

Eco enzyme adalah cairan pembersih serbaguna hasil dari fermentasi sisa konsumsi buah dan sayur. 


Sebalah kanan Eco Enzyme , sebelah kiri loufah

Sedangkan lofah berasal dari sayuran gambas yang dikeringkan guna nya sebagai pengganti spon cuci piring. Jadi loufah ini adalah spon cuci piring yang ramah lingkungan. 

Konsumsi

No kotak, no plastik mika untuk event ini. Penggunaan takir ( daun pisang yang dibentuk menjadi wadah ) lebih terlihat keren dan ramah lingkungan serta menambah wangi snack yang tersusun di dalam takir. Wangi daun loh ya bukan makan daun. Kita kan bukan embekkk.


Cemilan dengan wadah takir
Cookies dari Sabia Cookies dengan tema go green 

Air galon isi ulang siap sedia disebelah susunan snack. Peserta bisa mengisi ulang tumbler yang dibawanya  dari rumah. Peserta wajib membawa tumbler loh ya karena sudah di beritahu dari awal jika acara ini no gelas plastik sekali pakai. 


Booth

Tidak melulu barang pameran hasil karya Rumbel yang mengisi booth di event Rumbel Reborn. Tapi juga kotak donasi. 

Booth Rumah Belajar Komunitas Ibu Profesional Batam

Donasi ga melulu uang loh ya. Hehehe. Seperti Rumbel Green yang bekerja sama dengan Pepsodent & National Geographic membuka donasi sikat gigi bekas yang akan di daur ulang menjadi meja belajar dan akan disumbangkan kepada anak-anak kurang mampu. 

Drop box sikat gigi bekas

Dan Rumbel Menulis yang membuka donasi buku dari para membernya untuk menunjang program kerja book library Rumbel ini. 

Drop box rumbel menulis
Sedangkan Rumbel Memasak mempersembahkan infused water  dari  bunga telang di mix jahe, sudah pasti sehat. 

Infused water bunga telang mix jahe


Hasil karya rumah belajar craft & sew

Pokoknya di acara Rumbel Reborn ini banyak banget "penghijauan". Daun-daunan hijau sebagai hiasan dekorasi ruangan, dress code peserta berwarna hijau dipadu dengan warna millo, godie bag ikut ikut hijau. Asli seger banget ngeliat yang hijau-hijau. 

Dari kecantikan dan keasrian event Zerowaste mix Botanical ini ada pesan mulia yang diusung panitia penyelenggara event yaitu kita bisa menerapkan aksi minim sampah dimana saja bahkan di acara hajatan yang biasanya menyisakan segala  kenangan duka bagi lingkungan, yaitu sampah tak terurai. Berbagai macam printilan yang ada di event Rumbel Reborn adalah dari alam dan bisa dikembalikan lagi ke alam tanpa merusak lingkungan. 

Sekian intip-intip saya dari acara seru-seruan tapi tetap memperhatikan lingkungan. Buat saya event ini unforgettable banget. 

#RumbelReborn
#eventzerowaste
#eventbotanical

0 komentar:

Posting Komentar