Sosialisasi Bank Sampah di Kopdar Perdana Rumbel Green Komunitas IP Batam


Komunitas Ibu Profesional Batam November 2019 lalu baru saja meluncurkan Rumah Belajar (Rumbel) terbaru yaitu  Rumbel Green. 

Rumbel Green sendiri dibuat karena antusias dari member komunitas IP Batam yang ingin belajar perilaku hidup Minim Sampah dan Berkebun. 

Di awal tahun 2020 ini  Rumbel Green mengadakan kopdar (kopi darat) perdana dengan mengundang pemateri dari Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kota Batam dengan tema "Sosialisasi Bank Sampah". 

Rida Melyana sebagai Narsum


Ibu Rida Meliyana selaku pemateri menyampaikan  bahwa tercatat 1200 ton/ hari sampah yang disetor ke TPA Punggur. Empat puluh tujuh hektar lahan yang disediakan untuk menampung sampah sudah terpakai lebih dari separo lahan yang tersedia. Batam sudah darurat sampah. Bahkan sudah pernah terjadi kebakaran di TPA disebabkan gas metan hasil dari timbunan sampah plastik bercampur sampah organik.  Sudah seharusnya kita memilah dan mengolah sampah kita dari rumah masing-masing. Tidak bisa hanya mengandalkan petugas kebersihan dari Pemerintah. 

Beliau juga sharing tentang pengalaman nya memilah dan mengolah sampah sendiri di rumah beliau. 

Sampah organik diolah menjadi kompos dengan menggunakan ember bekas cat 25 kg sedangkan sampah yang bisa didaur ulang dibawanya ke kantor untuk di timbang dan disetor ke Bank Sampah. Sehingga di rumah beliau hanya sampah residu yang dikirim ke TPA. 

Ada 21 jenis sampah yang diterima oleh Bank Sampah Batam. Sampah yang sudah terkumpul akan dijual ke perusahaan daur ulang yang ada di Batam untuk diolah. Bijih plastik adalah salah satu hasil dari daur ulang tersebut. 

Beliau juga sedang mengusahakan Bank Sampah Batam untuk bisa bekerja sama dengan salah satu perusahaan transportasi online agar nasabah lebih mudah untuk menyetorkan sampah nya . 

Bu Rida memberikan formulir bagi yang ingin membuka Bank Sampah unit di sekitar perumahan yang belum memiliki Bank Sampah. 


Bincang hangat ini berlangsung selama 1 jam setengah. Diskusi berjalan lancar jaya  member yang datang pun banyak bertanya . 

penyerahan sertifikat kepada Narasumber

Sesi terakhir dari acara ini adalah penyerahan kenang-kenangan berupa sertifikat kepada narasumber dan ditutup dengan sesi foto bersama. 


4 komentar:

  1. Masyallah
    Kece sekali rumbel ini.

    Tapi kom orangnya itu itu aja ga
    Hahahaha

    Semangaat !

    BalasHapus
  2. Jd tertarik bikin komposter yang kayanya "semudah itu"

    Ditunggu agenda keren berikutnya ya

    BalasHapus
  3. Komposter... Sudah ngumpulkan bahan tp Krn GK paham akhirnya batal lagi...lagi2 batal. Itulah saiyah

    BalasHapus
  4. Mak, doakan komposterku berhasil! haha..
    Semoga kopdar selanjutnya lebih banyak yg hadir.. Semangaaattt!:)

    BalasHapus