Belajar Berbagi Tugas Saat Cooking Class Gemilang Homeschooling

Belajar Berbagi Tugas Saat Cooking Class Gemilang HOMESCHOOLING ; Setelah hampir sebulan libur akhir tahun, komunitas Gemilang Homeschooling kembali mengadakan kegiatan. 

Kegiatan perdana di tahun 2020 ini adalah Cooking Class. Tidak seperti kegiatan sebelumnya yang didahului dengan memberikan materi oleh fasilitator , kali ini anak-anak diberi kebebasan untuk belajar seasik bermain. Nah bagaimana penerapan belajar seasik bermain pada kegiatan cooking class ?. 

Anak-anak yang tergabung dalam Komunitas Gemilang dibagi menjadi 3 kelompok , setiap kelompok di dampingi oleh satu pendamping (orang tua). Mereka diminta berbelanja bahan-bahan untuk membuat Omlete di pasar Botania 2, Batam centre dan beri uang saku 25.000/kelompok. 






Dalam kegiatan belanja ini saja anak-anak belajar banyak : transaksi jual beli, mengenal jenis sayuran, mengenal pecahan uang, saling membantu. Dibalik itu semua mereka menjalankan nya dengan BAHAGIA. 

Nah dari rumah saya sudah sounding ke Ziya jika  Cooking Class kali ini kita akan bekerja bersama-sama teman maka dari itu harus siap berbagi tugas dan  berbagi alat-alat memasak. Sempat protes kalau dia sudah bisa sendiri memasak telur dan tidak mau dibantu. Hehehhe. 

Disini kesempatan saya menjelaskan bahwa ini yang namanya  team work. Yang sudah bisa memberi kesempatan belajar untuk yang belum bisa. Bekerja sama juga bisa membuat pekerjaan kita cepat selesai. Dan setiap kegiatan bersama pasti ada pelajaran baru yang bisa dibawa pulang untuk oleh-oleh. Tak ada protes lagi, saya anggap dia paham. Hehhehe. 

Acara masak memasak dimulai dengan pembagian tugas. Siapa mengerjakan apa?. Dibantu dengan pembimbing yang memberi arahan cara memasak Omelete. 
Pembimbing sedang mengarahkan pembagian tugas

Ada yang mengupas bawang, memotong sayur, memarut keju, memecahkan telur, juga ada yang sudah berani menghidupkan kompor. Kerjasama untuk  menghadirkan Omelete di meja , BERHASIL. 








Omelete buatan anak-anak dimakan bersama-sama , saling icip Omelete  buatan kelompok lain juga. Kegiatan sederhana yang buat perut kenyang, hati riang, emak senang. 





"Bunda nanti kita buat Omelete dirumah ya?"  kalimat ini tanda anak tertarik dan senang pada kegiatan yang baru dia kerjakan. Disini peran fasilitator belajar anak saya mainkan, mengobservasi dan catat setiap kegiatan yang dilakukan anak. SUKA atau TIDAK SUKA. Jika SUKA pada kegiatan ini maka akan di ulang dirumah dan mencatat bagaimana progres nya.  
kelompok 1

Kelompok 2

Kelompok 3

Omelete sudah siap tersaji di meja


Bonus tambahan kebahagian lagi adalah pulang bersama-sama naik Bus Trans Batam. Karena terlalu girang , suara anak-anak memenuhi Bus yang kami naiki dan tentunya jadi perhatian penumpang lain. Hehheh. 


0 komentar:

Posting Komentar