Field Trip ke Hanggar Pesawat Politeknik Batam


Foto Komunitas Gemilang Homeschooling beserta management Politeknik Batam di Hanggar Pesawat Poltek Batam

Field Trip ke Hanggar Pesawat Politeknik Batam:
Kamis, 03 Oktober 2019 komunitas Gemilang Homeschooling mengadakan fieldtrip goes to Hanggar Pesawat. Fieldtrip ini menutup tema belajar transportasi di bulan September lalu. 

Hanggar yang kami kunjungi bertempat di Universitas Politeknik Batam. Ya hanggar ini merupakan tempat para mahasiswa Politeknik Batam Jurusan Pesawat Udara mempraktekkan ilmu yang di dapat di balik meja belajar mereka. Tempat mereka mengengotak-ngatik bagian-bagian pesawat sehingga pesawat bisa beroperasi dengan baik. 

Di teras hanggar pesawat Politeknik kami disambut oleh dua pesawat . Pesawat tipe Cessna dan yang satu lagi pesawat tipe Sandowner Pesawat ini merupakan pesawat berpenumpang sedikit, hanya 4 penumpang saja. Anak-anak Gemilang Homeschooling berebut untuk memegang badan pesawat. Baru kali ini anak-anak diizinkan untuk memegang badan pesawat, dari ekor, sayap, hingga baling-baling.

Anak-anak disambut ramah oleh pihak terkait, mereka juga diijinkan untuk menaiki pesawat secara bergantian. Mata yang berbinar dari anak-anak ini memang tidak bisa ditutupi, sampai ada anak yang tidak mau turun walau yang lain sudah bergiliran, ada juga anak yang sudah mengantongi informasi dari buku tentang pesawat dan menanyakan hal yang dia ingin tahu pada pihak terkait. Inilah salah satu strategi belajar, melihat langsung benda yang sedang dipelajari dan menanyakan langsung pada yang ahli. Benar, belajar tidak melulu diruang kubikal dan duduk rapi dibalik meja bukan?. 
Anak-anak diizinkan bergiliran naik pesawat

Kembali ke seputar informasi tentang pesawat yang didapat dari hasil tanya-tanya sotoy ala saya. Heheheh. Walaupun Pesawat Cessna dan Pesawat Sandowner bentuk nya hampir mirip , tapi mereka berdua ini berbeda jua heheh. Dilihat dari letak sayap nya, Pesawat Cessna letak sayap pada bagian atas pesawat, sedangkan Pesawat Sandowner sayap terletak dibawah. Dua pesawat ini pun berbeda pada sistem nya . Pesawat Cessna sudah menggunakan sistem komputerisasi jadi GPS yang ada pada pesawat ini sudah seperti GPS yang terdapat pada handphone Android jaman sekarang. Sedangkan Pesawat Sandowner masih manual. Pesawat yang biasa digunakan untuk latihan ini jarak jelajah nya 10.000-15.000 kaki. 
Pesawat Sandowner,sayap dibagian bawah 

Pesawat Cessna, sayap dibagian atas

Anak-anak Homeschooling Gemilang juga diajak jalan-jalan melihat para mahasiswa yang sedang praktikum, dibolehkan menaiki cockpit pesawat Boeing yang sedang di otak atik diruangan praktikum, dan melihat Engine yang biasa terletak di pada bagian sayap pesawat. 
Melihat dan memegang Engine pesawat 


Cockpit pesawat Boeing sebagai bahan praktik mahasiswa Politeknik


Kurang lebih 1 jam berlalu, bersyukur atas satu jam kebelakang yang telah diberi kesempatan untuk berkunjung ke Hanggar Politeknik Batam. Terimakasih management Politeknik Batam  sudah mengizinkan anak-anak Gemilang Homeschooling untuk "belajar" disini. Belajar bahwa yang bekerja di pesawat bukan hanya pilot dan pramugari tapi ada profesi Engineering pesawat yang tidak kalah penting dan salah satu profesi keren menjanjikan. Belajar bahwa ada pesawat besar seperti Boeing dan juga ada pesawat kecil seperti Cessna dan Sandowner. Dan saya belajar kalau Hanggar itu adalah kata lain dari Bengkel untuk pesawat. 33 tahun umur ku baru tau beginian. Bersyukurlah anak-anak Gemilang kalian sudah tau ini di umur yang pipis pun belum selurus selang. Hwhwhwhw. 

#HanggarPesawat
#PoliteknikBatam
#GemilangHomeschooling
#HanggarPoliteknikBatam

0 komentar:

Posting Komentar