Basic Art Element: Value " Membuat Fairy Latern"

Basic Art Element : Value " membuat Fairy Latern"

Ada beberapa Basic Art Element ( elemen dasar pada seni ) salah satu nya ialah value. 

Value adalah elemen dasar pada sebuah karya seni yang menunjukan kualitas gelap terang. Gelap terang ini tercipta sebagai efek pencahayaan yang menghasilkan area terang sebagai area yang tersinari dan area gelap sebagai area yang tidak tersinari. 

Pada Senin, 21 Oktober 2019 Art Jam Session Batam memilih tema "Value sebagai nilai sentimental & kultural" . Karya seni rakyat atau Folk Art merupakan karya seni yang mengandung value. 

Folk Art  ini biasa nya dibuat oleh masyarakat sekitar dengan fungsi tertentu. Nah ini sejalan dengan karakteristik dari Folk Art yang lebih mengedepankan fungsi dan dekorasi dibanding keindahan murni dan tidak selalu mengikuti aturan proporsi sebuah karya seni malah lebih mengandung unsur tradisional dan kearifan lokal. 

Penyampaian materi oleh PIC

PIC Hands On menunjukan karya fairy latern yang akan dibuat

Supaya ga bingung dengan penjelasan diatas , coba kita lihat contohnya aja, agar lebih tercerahkan. Salah dua contohnya Basic Art Element dengan Value sebagai nilai sentimental dan kultural adalah : 

Wayang ,fungsi wayang berkembang dari  zaman ke zaman. Dulu wayang dibuat untuk menyampaikan ilmu keagamaan,lalu berkembang fungsinya menjadi penyampai pendidikan, pemahaman filsafat juga sebagai hiburan tentunya. Wayang juga merupakan salah satu seni budaya bangsa Indonesia yang memiliki karakteristik kearifan lokal. 

Sumber google

Lentera, salah saya yang menganggap lentera identik dengan Lampion kepunyaan etnis cina aja. Deuh malu deh ketaukan ilmu nya masih dangkal kayak parit depan rumah saat musim kemarau. Hehehe. Ternyataaaa, Indonesia pun punya lentera khas . Sebut saja Lentera Teng Teng dari Semarang dan Lentera Damar Kurung dari Gresik, Jawa Timur. 

Lentera Damar Kurung (sumber google)

Lentera Teng Teng (sumber google)

Lentera ini dahulu berfungsi sebagai penerangan jalan dan sekarang berkembang menjadi seni rakyat yang dipertunjukkan pada saat festival-festival guna memperkenalkan budaya lokal. 

Jadi Value dari karya seni rakyat diatas adalah penggunaan cahaya sebagai kualitas gelap terang. 

Membuat Fairy Latern
Hands On mengenai Value kali ini adalah membuat Fairy Latern. 

Cara buat nya mudah hasil nya cantik. Ini cocok buat project bareng anak-anak. 

Jar  selai, botol , toples ( bekas pakai lebih dianjurkan )  dicat bagian luarnya menggunakan cat acrilic atau cat cair. Saya lebih menyarankan untuk menggunakan spon (bisa spon cuci piring) dari pada kuas untuk mengecat jar karena hasil nya lebih rapih. 
Tempel bagian dalam jar dengan stiker atau gambar fairy atau gambar lain juga boleh sesuai kreasi. 
Boleh ditambah springkles supaya lebih cantik dan ada efek blink blink nya . 
Tempel lampu LED di tutup botol menggunakan lem tembak. 
Lampu LED , harga 5 ribuan.

Coba hidupkan lampunya dan letakkan Fairy Latern ini di ruangan yang agak gelap. Indah sekali. 

Seperti ini ya hasil kreasi kolaborasi anak-anak dan ibu nya.




Selamat berkreasi dan nikmati proses nya. 

#fairylatern
#artjamsession
#AJS




0 komentar:

Posting Komentar