Art Jam Session Batam Membuat Karya Seni De Stjil Art




Art Jam Session Batam Membuat Karya Seni De Stjil Art : 
Selasa, 08 Oktober 2019 Ziya (6yo) mengikuti kegiatan Art Jam Session ( AJS ) dengan tema Basic Art Element " Colour". 

Hands on AJS bertemakan "warna" kali ini mengadopsi karya seniman bernama Piet Mondrian tentang De Stijl Art. 

Setiap Warna memiliki arti. Sebut saja warna merah, warna ini dipercaya bisa membuat orang lapar. Sedangkan warna kuning memiliki arti bahagia. Maka dari itu warna restaurant siap saji seperti KFC dan Mcdonald didominasi warna merah juga kuning. 

Kalau gambar bapak KFC Harland Sanders lagi senyum lebar dengan back ground tulisan warna merah semua. Apakah bisa diartikan :  dia lagi bahagia kalau orang pada laper, hahahaha. Ga heran KFC punya banyak cabang di seluruh dunia tanpa mau mengubah logo nya itu. 

Di alam, warna memiliki kegunaan bervariasi. Bird of paradise adalah nama burung berasal dari Irian, menggunakan warna untuk melindungi diri dari musuh. Ada juga hewan yang menggunakan warna untuk menarik perhatian teman maupun lawan jenis nya. Ada lagi hewan yang semakin mencolok warnanya maka semakin beracun, seperti katak beracun. Subhanallah ya ternyata warna pun memiliki arti tersendiri dan Allah seperti memberi kode untuk kita agar terus belajar membaca ciptaan Nya yang terbentang luas yaitu alam ini. 

Bird of paradise dari Irian ( sumber google)

Warna sebenarnya datang dalam bentuk gelombang. Semakin besar gelombang maka warna semakin terang, sebaliknya jika gelombang warna kecil maka semakin gelap. 

Didalam mata kita Allah ciptakan Rod dan Cone untuk bisa membedakan warna. Rod untuk melihat warna hitam dan putih sedangkan Cone untuk melihat warna selain warna hitam dan putih. Jadi jika ada seseorang yang terkena penyakit buta warna sudah bisa dipastikan yang bermasalah adalah Rod & Cone ini yang ada dalam mata nya.

Kembali ke tema hands on seni anak-anak , yaitu De Stijl Art. 

De Stijl Art ini merupakan gerakan seni di Leiden dengan ciri khas  menggunakan warna putih,hitam,dan warna premier ( merah,biru,kuning). 


Salah satu contoh karya De Stijl Art. ( sumber google)

Sekilas tentang Piet Mondrian adalah seorang pelukis Belanda. Ia adalah penggagas penting kelompok /gerakan seni De Stijl Art yang didirikan oleh Theo Van Doesburg. Ia mengembangkan ide representasi yang disebutnya neoplastisisme.

Karya seni De Stijl Art bisa diaplikasikan pada media apa pun, seperti kertas/kanvas, gelas, kain belacu dst. 

Salah dua karya De Stjil Art, menggunakan media kertas dan kain tas belacu oleh anak Homeschooling Gemilang

Nah saya memilihkan untuk anak-anak saya media kertas , karena lebih mudah, mengingat umur nya masih 6 tahun dan 4 tahunan . Alat yang dibutuhkan yaitu : kertas, cat air warna premier, kuas, penggaris. 

PIC menjelaskan cara membuat karya ini. Terlihat cukup mudah tapi perlu ketelitian agar rapi dan jiwa seni tentunya agar lebih eye cathing. 


Anak-anak mulai memegang kuas masing-masing. Meliuk-liuk kan nya seperti penari diatas media kertas dan kain tas belacu yang sudah mereka siapkan dari rumah. Jarak kuas dan kertas sangat dengat dengan mata mungkin ini per tanda keseriusan mereka mengerjakan karya ini. 






1 jam mungkin berasa kurang bagi sebagian anak untuk mengerjakan karya seni ini, dan sebagian nya lagi terlihat berlarian bebas walaupun hanya separuh perjalanan kertas yang sudah tertoreh warna. Tentu tidak bisa kita samakan satu anak dan yang lain, setiap anak itu unik. Kami sebagai orang tua hanya berusaha membimbing mereka untuk berkegiatan positif seperti ini. Semoga setiap usaha baik bisa memetik hasil yang baik pula. Amin. 


0 komentar:

Posting Komentar