Mengenal Sejarah Pesawat Terbang Bersama Komunitas Gemilang

Mengenal Sejarah Pesawat Terbang Bersama Komunitas Gemilang : Sudah pernah kah kita menceritakan kepada anak-anak  sejarah pesawat ? Agar terpantik jiwa nya ketika tau bagaimana tokoh-tokoh penemu pesawat itu terinspirasi oleh mahkluk-mahkluk ciptaan Allah yang bersayap seperti burung bahkan capung. Bahkan ada design mesin pesawat yang jadi bahan tertawaan di jaman nya, tapi design yang di anggap lucu ini sekarang banyak dipakai untuk pesawat-pesawat militer. 

Kamis(26/9/2019)  pagi ini mendung, setelah lama sekali tak turun hujan. Walaupun hari ini akan keluar rumah untuk berkegiatan, kami tetap mengharapkan hujan. Dengan membawa prakarya pesawat yang terbuat dari botol bekas, Ziya semangat sekali mau menunjukan karya nya ini ke teman satu komunitas nya. Semangat nya ini terbukti sahih karena kami datang paling awal ditempat tujuan. 

Circle Time di pandu oleh PIC paling ekspresif pencinta anak, penyuka anak curious. Bernyanyi suka-suka yang penting hilang duka. Ini pemanasan untuk meng-on-kan mood anak. Membuat pesawat dari kertas dan menerbangkan nya berhasil membuat anak-anak ini kagum atas karya nya melipatan kertas dan melihat kalau pesawat mereka yang paling cepat terbangnya. 

PIC pemandu circle time

menerbangkan pesawat lipat


Sejarah Pesawat
Jam menunjukan pukul 11.00 WIB, pengenalan sejarah pesawat dimulai seusai sesi Circle time. Sebelum kita mengenal bentuk pesawat modern sekarang ada baik nya kita tahu bentuk awal mula pesawat.
PIC menjelaskan sejarah pesawat

Glider

Seorang ilmuan muslim berasal dari Maroko bernama Abbas Ibnu Firnas karena terinspirasi dari se ekor burung  menciptakan Glider yaitu pesawat yang sangat sederhana, pesawat tanpa mesin dan hanya menggunakan bantuan angin. Setelah ribuan kali mencoba terbang menggunakan alat buatan nya  Pada abad 9, tahun 875 Glider ciptaan Abbas Ibnu Firnas ini berhasil membawa dirinya terbang selama 1 menit. Namun sayang pesawat terjatuh karena tidak memiliki "ekor" seperti burung untuk memperlambat kecepatan saat mendarat. Hayoo sapa yang baru tau kalau ekor burung fungsi nya untuk memperlambat kecepatan terbang burung agar dia bisa mendarat dengan sempurna tanpa keseleo???. Mungkin cuma saya...hiksss..

Pesawat Glider, credit by google

Jatuhnya Abbas Ibnu Firnas ini merupakan akhir dari hidupnya. Percobaan pembuatan pesawat ini seolah terhenti selama ber abad lamanya tak ada lagi yang mau mencoba. 

Pesawat Gusmao

Abad demi abad berlalu, akhirnya seorang bernama Gusmao mendesign pesawat yang sama dengan nama nya yaitu  pesawat Gusmao. Pesawat ini terbang menggunakan udara dan gas. Gusmao sendiri terinspirasi dari layang-layang dan balon udara.

Pesawat Gusmao

Pesawat "Kelelawar" Clement Ade

Dinamakan pesawat "Kelelawar" karena pembuat nya terinspirasi dari binatang yang sering terbang saat malam hari ini. Bentuk pesawat ini pun mirip dengan binatang kelelawar. Pesawat buatan Clement Ade ini terbang dengan menggunakan mesin uap. 


Pesawat kelelawar clement ade (sumber : google)

Pesawat Giffard

Pesawat ini sudah menggunakan baling-baling dan mesin uap untuk terbang. Pesawat Giffard berhasil melakukan penerbangan pertamanya sejauh 27 km. 

Pesawat Giffard , sumber : google

Pesawat Cayley

Terinspirasi dari binatang Capung dibuatlah pesawat  mirip glider tapi dengan tampilan moderen,  model helikopter. Inilah pesawat yang merupakan cikal bakal dari helikopter. 
Pesawat Cayley, sumber : google

Pesawat "Albatross Buatan" Le - Bris

Terinspirasi dari burung Albatross pesawat ini terbang setinggi 100 m dengan jarak 200 m.
Pesawat "Albatross Buatan" Le Bris, Sumber : google

Mesin Terbang Leonardo Da Vinci

Sang pelukis Monalisa pun ikut mendesign mesin pesawat. Design mesin nya dipakai untuk helikopter, mesin terbang , dll. 
Mesin terbang Leonardo Da Vinci

"Kapal Uap Udara" Thomas Moy

Ini dia cikal bakal pesawat moderen. Mesin nya seperti baling-baling kembar. Kecepatan terbang 19 km/jam.
Kapal uap udara Thomas Moy, sumber : google

Mesin Terbang Charles Ritchel

Mesin terbang ini menggunakan pipa kuningan dan kantong gas berkain karet, berhasil terbang selama 1 jam membawa 1 orang. 
Mesin terbang charles ritchel, sumber : google

Pesawat Alxandre Goupil

Pesawat yang menggunakan mesin uap untuk menggerakkan baling-baling ini mempunyai roda pendaratan dan kemudi. Terbang dengan kecepatan 22 km/jam membawa tiga orang didalam nya. 
Pesawat Alexandre Goupil

Mesin luncur Chanute

Bentuknya yang aneh menjadi bahan tertawaan tapi sekarang design nya banyak dipakai pada pesawat-pesawat militer. 

Wright Brother

Wright Brother membuat pesawat yang terinspirasi dari mainan ayah nya. Wright Brother membuat Glider dengan sayap sepanjang 20 kaki, terbuat dari kayu cemara dan mesin berkekuatan 12 horse power. Inilah cikal bakal semua pesawat, oleh karena itu Wright Brother disebut sebagai Bapak Pesawat.
Pesawat buatan Wright Brother

Bangsa Indonesia pun pernah menorehkan sejarah membuat pesawat loh. Bapak B.J. Habiebie seorang yang lahir di Pare-Pare , Sulawesi membuat pesawat dengan nama N-250 Gatot Kaca. Dan kode N itu artinya NUSANTARA. Bangga ya kita. 
Bapak B.J. Habibie dan Pesawat N-250


Hidangan penutup acara hari ini adalah peragaan Instruksi Keselamatan dari pramugari ala ala.

Yang keren dari Instruksi Keselamatan ini adalah alat peraga nya. Life jacket, saftybelt, dan oksigen dibuat sendiri oleh PIC dari bahan-bahan yang ada dirumah. Life jacket dari kardus, oksigen dari bekas gelas plastik. Prakarya keren. 
Peragaan Instruksi Keselamatan Pesawat oleh PIC



Selesai sudah belajar hari ini. Anak saya pulang bawa apa ? Saat perjalanan pulang Ziya menunjukan gambar Abbas Ibnu Firnas ke Abi nya : " Abi ini Abbas Ibnu Firnas yang pertama nemu-in pesawat ". Alhamdulillah semoga berkah ilmu yang di dapat hari ini. 

0 komentar:

Posting Komentar