Mengenal Alat Keselamatan diatas Kapal & Jenis Kapal



Mengenal Alat Keselamatan diatas Kapal & Jenis Kapal ; Ketemu hari Kamis lagi, yang artinya hari jadwal playdate anak-anak dengan GEMILANG Homeschooling. Minggu ke dua masih dengan Tema Transportasi tapi subtema berbeda. Subtema yang diangkat adalah Transportasi Laut dan Keamanan dalam Transportasi Laut. 

Dibuka dengan lagu wajib berjudul "Penuh Perhatian". Lalu Show & Tell tentang transportasi laut. Sedikit Cerita Ziya (6 yo ) pada show & tell. Biasa malam hari sebelum tidur saya sounding besok kegiatan show & tell tentang apa, supaya Ziya bisa mempersiapkan alat peraga dan mengarang cerita dari malam. Supaya doi ga gugup. Lupa !!!!! Beneran saya lupa !!!!!
Hasil gambar nya mungkin ya terlalu memuaskan buat sebagian orang yang sudah expert tapi eksekusi dari imajinasi nya 

Pasrah deh. Saya biarkan dia mengalir alami aja. Saya juga ga melulu duduk disamping nya untuk menjelaskan instruksi dari PIC show & tell.  Salah seorang  teman nya maju bercerita tentang pasar apung  saya lihat Ziya menggambar di buku . Ziya gambar perahu. Perahu pancung. "Siapa yang mau bercerita lagi ?" Tawar PIC . Doi tunjuk tangan, dan cerita tentang pengalaman nya naik perahu pancung ke rumah nenek. Proudly present this word " GOOD JOB GIRL " !!!. Anak-anak pembelajar alami ya. Dari pada terus di arah kan ini dan itu, anak lebih alami bergerak sendiri dan kita jadi fasilitator merangkap pemantau aja. 


Alat keselamatan di atas kapal
PIC mengenalkan alat keselamatan kapal dan fungsi nya
Jam berganti, mulailah acara inti. Salah satu suguhan ilmu hari ini adalah " Keamanan dalam Transportasi laut ". PIC mengenalkan alat keselamatan di atas kapal dan fungsi nya dengan metode cerita, menggunakan alat bantu boneka tangan dan gambar dari alat keselamatan tersebut. Anak-anak antusias sekali. Ada 3 alat keselamatan yang dipertunjukkan.

~ Life bouy / Ring bouy
Alat ini  bentuk nya mirip seperti cincin. Kegunaan : untuk pertolongan pertama jika ada yang terjatuh dari kapal. Alat yg mempunyai berat kurang lebih 2,5 kg ini biasa nya ditempatkan pada pagar-pagar yang ada di bagian luar kapal. Walaupun relatif ringan ring bouy harus mampu menahan beban besi dengan berat 14,5 kg, mempunyai warna yang mencolok serta dilengkapi lampu kecil.

~ Life Jacket / baju pelampung
Alat yang di gunakan pada saat darurat, misal akan terjadi kecelakaan kapal. Life Jacket mempunyai warna yang mencolok , dilengkapi dengan peluit untuk memanggil regu penolong agar tahu keberadaan dari pengguna nya. Kapal penumpang harus memiliki life jacket 105% dari jumlah penumpang nya. 

~ Liferaft
Liferaft pada saat penyimpanan berbentuk seperti kapsul besar. Jika tali yang ada pada "kapsul besar" itu di tarik maka akan berubah bentuk seperti perahu karet yang memiliki tenda. Liferaft digunakan pada saat terjadi musibah kapal di lautan lepas. Jumlah tampung liferaft sekitar 6-25 orang tergantung ukuran nya. Liferaft dilengkapi persediaan bahan makanan, minuman, alat bantu signal bagi penggunanya agar dapat bertahan kurang lebih selama satu minggu. 

Jenis-jenis kapal & game perahu layar
PIC berikut nya menyampaikan jenis-jenis kapal menggunakan alat peraga TV dari kayu. Mantafff deh ini kreatif banget. Anak-anak mengenal jenis-jenis kapal, mulai dari yang kecil sampai yang besar seperti kapal pesiar. 
PIC mengenalkan jenis kapal menggunakan tv kayu

Acara hari ini semakin lengkap karena ada game. Game nya adalah bermain perahu layar menggunakan tenaga angin. PIC sudah menyiapkan DIY perahu layar yang terbuat dari tutup botol bekas galon. Sekali lagi kreatif banget ini. Perahu di letakkan pada wadah berisi air lalu di dorong dengan angin yang berasal dari tiupan anak-anak. Main bukan sekedar main. Permainan kali ini banyak juga manfaat nya. Salah dua nya : pertama anak-anak mengetahui konsep perahu layar berjalan menggunakan tenaga angin bukan mesin ini melatih kognitif mereka. Kedua anak-anak melatih motorik kasar nya dengan meniup, mereka melatih otot rahang untuk bergerak. 
DIY perahu layar dari tutup botol bekas galon

Lomba meniup perahu layar

Alhamdulillah tuntas sudah belajar dan bermain hari ini. Semoga setiap ilmu baik selalu membekas pada diri anak-anak. Jangan lupa untuk peduli sesama karena untuk apa jadi manusia kalau krisis emphaty. Kata-kata terakhir adalah efek dari nonton film tentang kemanusiaan. Hihihi

#gemilanghomeschooling
#homeschoolingbatam
#gemilanghomeschoolingbatam




0 komentar:

Posting Komentar