Ketahui Sejarah Transportasi Darat dan Kenali Markah Jalan


Bulan september tema belajar Gemilang Homeschooling adalah alat transportasi. Dimulai dengan alat transportasi darat.

Anak-anak diminta membawa mainan berupa alat transportasi darat, untuk sesi show and tell. 

Dibawah matahari jam 10, anak-anak mulai kegiatan hari ini dengan lagu "penuh perhatian". Lagu wajib yang di nyanyikan pada saat circle time.

Sesi Show and tell ; anak-anak diminta bercerita di depan teman-teman tentang alat transportasi darat sesuai pilihan nya. Selain melatih kepercayaan diri  ini juga menambah pengetahuan tentang alat transportasi darat. Ada yang bercerita tentang cita-cita nya ingin mempunyai bus besar agar banyak penumpang terangkut. Bercerita tentang mobil paling mahal punya fasilitas seperti rumah didalam nya. Tentang ambulance, sepeda, kuda, kesukaan naik mobil ayah nya sampai kesukaan naik bus umum. Aplaus plissss. 




Ketahui Sejarah Transportasi Darat dan Markah Jalan ; Menu utama sub tema transportasi darat ini adalah sejarah perkembangan alat transportasi darat, alat transportasi darat tradisional dan  belajar tentang markah jalan.

Melalui video anak- anak melihat bagaimana alat transportasi darat ini bertransformasi. 

Awal nya manusia menggunakan tandu dan juga kereta yang ditarik ataupun didorong oleh tenaga manusia. Kemudian menggunakan hewan sebagai alat tunggangan. Setelah bangsa dlam menemukan roda dibuatlah sepeda oleh seorang prancis. Nama awal sepeda adalah velocipede. Kalau kita baca secara keras kata itu sama  terdengar seperti kata "sepeda". Ahli mesin jerman kemudian mengembangkan sepeda menjadi sepeda motor. Seiring perkembangan jaman dibuatlah mobil oleh orang prancis. 

Masih dengan tayangan video anak-anak mengenali dua alat transportasi darat tradisional yaitu becak dan delman. 


Last but not least, PIC membuat prakarya sebagai alat peraga untuk mengenalkan anak-anak tentang markah jalan, apa fungsi trotoar dan jembatan penyebrangan, pemberhentian kendaraan bus dan kereta.



Apa tanda kalau anak-anak menyimak apa yang kita jelaskan? Dengan menjawab pertanyaan. Yak anak-anak diminta menjawab pertanyaan terkait pembelajaran hari ini dengan hadiah satu cone ice cream (aja udah seneng).

Belajar hari ini di tutup dengan pernyataan Ziya (6yo) saat abi nya nyetir " abi kalau garis jalan putus-putus kayak gini arti nya abi boleh nyalip". 


0 komentar:

Posting Komentar