Belajar Menyenangkan Tentang Bagian-Bagian Laut & Biota Laut


Belajar Menyenangkan Tentang Bagian-Bagian Laut & Biota Laut ; Gemilang Homeschooling Batam mengangkat "Laut" sebagai tema belajar bulan Agustus 2019 ini. Setelah sebelum nya sudah diangkat tema-tema menarik lain seperti Tumbuhan,Tubuh mu, Serangga dll.  Kali ini dan insyaallah seterus nya Bunda akan membuat jejak di blog untuk mengabadikan kegiatan anak-anak berkegiatan bersama komunitas nya, yaitu Gemilang Homeschooling. 

8 Agustus 2019 adalah minggu pertama untuk memulai belajar tentang "Laut".  Step pertama sebelum belajar. Anak2 di ajak main dulu - pada sesi Circle Time -  demi memuaskan kebutuhan fisik nya yang masih mau banyak bergerak. Bahasa keren nya mengasah motorik kasar . Agar sehat tubuh , seimbang fikiran dan gerak nya. 🏃‍♀🚶

Circle Time kali ini memunculkan kembali permainan tradisional. Nama permainan : krik kruk (tak usah lah di jelaskan bagaimana cara bermain nya, krn postingan ini akan sangat panjang nanti 🤣)
  

Lalu sesi english fun. "What do you think about sea?" PIC mulai membuka sesi ini dengan pertanyaan. Ada anak yang menjawab "blue, ship, dll " ada juga yang masih diam-diam mengamati apa sebenarnya arti dari pertanyaan dari ibu PIC hehehe. Salah satu nya Ziya anak sulung saya.xixix. PIC menunjukan gambar binatang-binatang laut dan menyebutkan nama nya dalam bahasa inggris. Sesi english fun ini memang buat anak-anak jadi tambah fun karena PIC menyiapkan wayang ikan paus untuk dibawa pulang. Wiiiiiii seneng nyaaa. 
Wayang ikan, 

Nahhh baru lah belajar di mulai. Anak-anak belajar tentang bagian2 laut : Ada laut dangkal, laut dalam ,laut sangat dalam. Serta warna laut yang berbeda2 pada setiap kedalaman. Ini setidak nya yang nyangkut di kepala anak-anak toddler macam Ziya. PIC juga membuat catatan fakta-fakta unik tentang laut. Seperti : kedalaman sekian ribu meter, warna pelangi di hasilkan dari hiasan cahaya matahari ke laut dan masih banyak lagi. 

PIC menjelaskan bagian-bagian Laut

Belajar tambah menyenangkan setelah PIC selanjutnya mengeluarkan "kotak ajaib" yang dibikin menggunakan jam tidur nya (red. Begadang) . Tapi worth it banget. Anak-anak langsung tertarik ketika belajar menggunakan alat peraga ini. 

PIC  buat alat  seperti panggung teater mini terbuat dari kotak kayu.  Lalu memulai cerita nya: "ini kapal selam Gemilang" anak-anak diajak menyelam dengan kapal selam untuk mengetahui biota laut apa saja yg tinggal pada setiap bagian laut. Ahhhh bermain dengan imajinasi anak-anak memang ide briliant untuk membuat mereka lebih lama memperhatikan pelajaran ini. 
PIC sedang menjelaskan biota laut yang ada di dalam bagian-bagian laut menggunakan Alat peraga seperti mini teater 


Tidak heran jika anak-anak  dan para ibu yang mendampingi nya juga langsung terpana . Hampir semua kepo mau liat alat peraga dan mau pegang. Lalu para biota laut muncul  satu persatu sesuai kedalaman tempat tinggal nya pada teater mini . 

Sudah cukup sampai disini ? Tentu belum

.
Masih berlanjut ke acara game. Anak-anak diminta untuk menempelkan gambar biota laut sesuai kedalaman tempat biota itu tinggal pada lukisan laut . Seperti : ikan pari, ubur-ubur di tempel pada laut dangkal . Gurita, ikan paus biru ditempel pada laut dalam. Englerfish (ikan berlampu) di tempel pada laut yang sangat dalam. Masyaallah. 

Anak-anak diminta menempel gambar biota laut



Trims untuk para PIC keren atas suguhan materi tema laut yang dibuat semenarik ini .

#Gemilanghomeschooling



0 komentar:

Posting Komentar