DIY Mainan Anak - Boat Racing






DIY MAINAN ANAK BOAT RACING , - Nak Allah telah menundukan lautan untuk kita manusia.Saya memulai percakapan sebelum tidur  dan Bunda bisa bacakan Al Quran Surah Fatir (35), ayat 12

”Dan Dialah Allah yang menundukan lautan (untukmu) agar kamu dapat memakan daripadanya daging yang segar, dan kamu mengeluarkan dari lautan perhiasan yang kamu pakai. Kamu melihat bahtera berlayar padanya, dan supaya kamu mencari (keuntungan) dari karunia-Nya supaya kamu bersyukur”.

Lalu karena agenda bermain kami adalah membuat boat racing, maka bunda lebih banyak membahas pada kalimat “ bahtera yang berlayar pada nya (laut)”. Saya mengupayakan setiap permaianan yang kami lakukan ditanam dulu ketauhidan ke anak-anak. Tentunya pakai bahasa yang mereka mudah pahami  ya Bund.

DIY kali ini sangat mudah sekali tapi tidak mengurangi keseruan anak-anak bermain.Karena mudah lebih baik kita buat sendiri dirumah bersama anak-anak.  Kita siapkan bahan nya dulu ya :

·         Styrofoam gunakan yang bekas ya agar tak menambah sampah dirumah. hehe
·         Kertas origami
·         Tusuk gigi
·         Pewarna makanan berwarna biru
·         Cutter
·         Wadah berwarna bening

Sekarang ayoook mulai membuat boat racing nya :

Potong Styrofoam menggunakan cutter seukuran 5cm x 5cm. Gunting kertas origami menjadi bentuk segitiga sama kaki berukuran 3cm x 3cm x 2cm. Tusuk tusuk gigi di bagian tengah kertas origami tersebut sebanyak 2 kali tusukan sehingga kertas berdiri seperti layar perahu. Lalu tusuk kan layar nya ke Styrofoam. Larutkan beberapa tetes pewarna ke dalam air.

Nah sekarang sudah bisa dimainakan boat ricing nya. Minta anak-anak untuk emeniup perahu nya di atas air hingga perahu bergerak maju, lebih seru lagi  main dengan banyak anak-anak.

Contoh cara main boat racing

Permainan sederhana ini punya beberapa manfaat loh Bunda, diantaranya :

1.       Mengenal alat transportasi yang berjalan diatas air
2.       Mengenal konsep ‘Perahu’, ‘laut’, ‘angin’
3.       Dan menguatkan otot rahang karena meniup

Gimana bunda ? tertarik juga untuk membuat nya ?


0 komentar:

Posting Komentar