Resensi Buku Masakan Rumahan Ramah Anak

Saya tidak mau beli buku resep masakan. Selain karena nyaris tak pernah dipraktikan, juga karena sekarang sudah banyak resep bertebaran di dunia maya. Tinggal googling saja, and there it is. Jadi, untuk apa beli buku resep masakan?

Tapi begitu melihat buku berikut ini dipromokan oleh salah seorang teman, entah kenapa semua pikiran itu berubah. Saya langsung tertarik dan memesan buku ini. 

Masakan Rumahan Ramah anakMasakan Rumahan Ramah anak

Judul: Masakan Rumahan Ramah Anak
Penulis: Dewi Lestari
Jumlah halaman: 192 halaman
Penerbit: Pustaka RMA
Tahun terbit: 2019

Apa yang membuat saya seolah terhipnotis oleh buku resep masakan satu ini? Well, saya bisa bilang bahwa ini adalah love at first sight *beeuuhh*. Setelah menerima bukunya, ada tiga hal rupanya yang membuat saya seolah terhipnotis.

  • Judul
Begitu membaca judulnya, saya langsung tertarik. Bagaimana tidak? Judul buku ini adalah jawaban bagi para emak-emak yang memiliki balita dengan GTM. Karena walaupun anak saya tidak pernah benar-benar GTM, saya tetap pusing mencari menu makanan yang bisa dimakan oleh si kecil. “Masakan Rumahan Ramah Anak” hadir dengan lugas dan sukses membuatku yakin membelinya.

  • Desain pinggiran buku
Ini mungkin simpel, mungkin banyak orang menilainya remeh, tapi saya sangat senang dengan ini. Pinggiran buku ini berbentuk oval, jadi tidak seperti buku pada umumnya yang bersudut 90 derajat. And i’m just happy to see it, i don’t really know why though.

  • Desain cover
Gambar yang menarik juga membuat saya langsung jatuh hati dan otomatis membayangkan resep-resep apa saja yang ditawarkan dalam buku ini.

Kemudian, hanya dalam hitungan menit, orderan itu pun terjadi. Alhamdulillah masih masa pre-order, jadi saya membeli buku ini dengan harga Rp98.000. Dan apa yang saya dapatkan? Let’s see..

Well, Moms, buku ini bukan sekadar buku resep. Bukan hanya sebuah buku yang berisi step by step memasak makanan, namun juga memberi banyak pengetahuan dan motivasi bagi emak-emak. Terutama mungkin yang males masak seperti saya. Hehehe…

Di bagian awal buku, pembaca diberikan motivasi mengenai mengapa sebaiknya memasak sendiri di rumah, dibandingkan (sering) membeli makanan di luar. Kemudian pembaca diajak untuk menyederhanakan proses memasak itu sendiri. Maksudnya, memasak tidaklah seribet itu asalkan kita tahu cara mempersiapkannya dengan benar dan efektif. 

Pembaca juga diberi contoh menu seminggu, dan cara menghitung budget makan sebulan. Asik, kan? Jadi tak hanya tentang masak itu sendiri.
Kemudian ada satu bab khusus tentang Getakan Tutup Mulut (GTM) yg sering terjadi pada anak-anak. Di bab ini penulis mengisahkan pengalamannya menghadapi anak GTM. Dan karena ini adalah “masakan ramah anak”, diharapkan buku ini dapat membantu mengatasi masalah GTM pada anak.

Next, masuk ke bagian resep-resep. Dibagi menjadi empat, ada resep ayam, daging, seafood, dan fun cooking. Fun cooking adalah resep cemilan alias snack gitu, ada cemilan manis dan asin, bagian yang paling menarik buat saya. Hehe..

Ya, di buku ini memang hanya resep lauk hewani, akan tetapi, penulis tidak pelit untuk memberikan bonus berupa resep sayuran dan lauk hewani dalam bentuk ebook. Ebook ini juga tampilannya cantik banget, sama seperti buku cetaknya. Dan ada juga bonus diskon 20% belanja Bumbu Bude. Kok gitu? Iya, karena penulis buku ini adalah Mbak Dewi Lestari, seorang ibu muda yang ada di balik Bumbu Bude alias produsennya. Banyak banget kan bonusnya? 

(Preview buku Masakan Rumahan Ramah Anak, Sumber: Youtube Pustaka RMA)

Dari segi fisik, buku ini disajikan dengan kertas Art Paper, halus seperti kertas majalah, tapi lebih tebal. Jenis kertas ini juga membuat saya tak bosan membolak-balik halaman. Untuk memutuskan mana resep yang akan saya coba duluan.

Sayangnya, entah mengapa lembaran pada buku ini rawan lepas alias copot. Mungkin karena tidak menggunakan staples, dan lem yang digunakan tidak cukup kuat. Jadi ketika membuka sebaiknya agak berhati-hati. Atau hanya punya saya saja yang begini? Entahlah. Desain tulisan menarik, ukuran dan jenis font yang terkesan santai namun kontennya informatif, memberikan efek enjoy membacanya.

Well, untuk tahu lebih jauh tentang penulis buku ini bisa follow Bumbu BuDe (Dewi Lestari) melalui Instagram. Ada beberapa resep yang di-share di sana lhoo.. Eits, jangan lupa juga follow Tulisan Bunda di Instagram. Hehehe..

That’s all for now.. Thank you for reading.. Semoga bermanfaat..!

Ps: Resep apa saja yang sudah saya praktikan dari buku ini? Insyaallah saya tulis di postingan selanjutnya.. :)

0 komentar:

Posting Komentar