Mengenal Jenis Kambing di Kelas Edukasi Kambing Fisherism



Mengenal Jenis Kambing di Kelas Edukasi Kambing Fisherism. Bunda sudah pada tau kah, kalau kambing memiliki berbagai jenis . Setiap jenis kambing perawatan nya pun berbeda ?.  Atau cuma tau makan nya doank. Heheh. Sharing kali ini kan membahas tentang dunia kambing. Walaupun hanya sedikit ilmu yang saya tau, insyaallah semoga bermanfaat bagi kita. 


Saya mengikuti kelas edukasi kambing bersama anak-anak beberapa waktu lalu. Kelas edukasi kambing ini diadakan oleh Agro Marina Batam, Fisherism yang berlokasi di Tanjung Riau – Batam. Disana kami dijelaskan nama-nama jenis kambing dan cara perawatan nya. Kami juga dibolehkan untuk melihat dan menyentuh langsung kambing-kambing yang ada disana. Ada 4 jenis kambing yang jadi bintang tamu saat itu. Diantara nya : 


  •  Kambing PE ( Peranakan Etawa )

Kambing Jenis ini berasal dari India dikenal sebagai kambing pedaging dan penghasil susu. Dalam sehari kambing PE bisa menghasilkan 3 liter susu. Berat kambing PE bisa mecapai 80 kg untuk Jantan, dan 60 kg untuk betina. Sayang ny.a pada saat jadi bintang tamu kambing PE ini sedang tidak bisa jalan karena kaki nya bengkok bekas terjepit pintu truk yang mengangkut nya dari Lampung ke Batam. Semoga lekas pulih.




  •  Kambing Kacang

Kambing jenis ini asli berasal dari daerah Indonesia, banyak juga didapati didaerah Asia. Kambing Kacang merupakan jenis kambing pedaging. Memiliki postur tubuh kecil, berat nya hanya sekitar 20-25 kg. Karena itu kambing kacang hanya menghasilkan susu 1 liter/ hari nya. Kelebihan dari Kambing ini adalah mempunyai tulang kecil dan daging yang lebih banyak. Bagi pecinta kuliner kambing, kambing kacang ini memiliki rasa ynag lebih enak.


Berwana hitam dan putih, tidak terlalu besar. Kambing Kacang


  • Kambing Jawa Randu

Kambing Jawa Randu adalah kambing persilangan antara Kambing PE dan Kambing Kacang. Ciri-ciri Kambing Jawa randu adalah memiliki ekor yang pendek, mempunya tulang kecil dan daging lebih banyak. Kambing ini lebih cocok hidup di iklim tropis seperti Indonesia.





  •  Domba Morino

Dari nama  seperti nya sudah tercium bahwa kambing ini berasal dari Negara luar. Benar, Domba Morino ini berasal dari negara Spayol dan dikembang biakan di Australia. Sebagai Domba pedaging  berat Domba Morino ini bisa mencapai 100 kg. WOW. 

Domba Morino


Domba Morino menghasilkan bulu yang bisa dijadikan baju, tas dll. Sayangnya di Batam belum ada yang bisa mengolah dan memanfaatkan bulu domba, maka untuk sementara peternak hanya menyimpan bulu domba nya saja. 


Biasa hidup di iklim yang dingin , Domba Morino ini punya jadwal untuk potong bulu-bulu nya yaitu kurang lebih 4 bulan sekali. Fisherism sendiri kini memiliki 8 ekor Domba Morino. 


Itulah sedikit info tentang dunia kambing, semoga bisa membuat kita lebih menghargai peternak kambing yang merawat dengan baik kambing-kambing sebelum dikonsumsi oleh kita.


Any way, Fisherism sering sekali mengadakan kegiatan-kegiatan edukasi seperti ini baik untuk anak-anak maupun pelatihan-pelatihan bagi orang dewasa. info pelatihan ini biasa nya disebar luaskan melalui Instagram @agromarinabp , ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. Jadi pantengin terus aja Instagram nya supaya tau info terkini.

0 komentar:

Posting Komentar