Bisa Claim Dana BPJS Ketenagakerjaan Walaupun Masih Bekerja



Ada banyak manfaat mengikuti BPJS Ketenagakerjaan. Bukan hanya berguna pada saat terjadi kecelakaan kerja saja atau hanya bisa dicairkan pada saat kita sudah tidak bekerja lagi.

Bagi kamu yang sudah menjadi pekerja selama 10 tahun dan terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Bisa Claim dana BPJS  Ketenagakerjaan walaupun masih bekerja, dana yang bisa dicairkan adalah 10% dari saldo BPJS kamu. Bahkan kita bisa mencairkan dana 30% untuk keperluan pembiayaan pengambilan rumah.

Nah disini saya akan bahas cara pengambilan dana 10% dari saldo BPJS kita. Supaya ga salah langkah dan capek bolak balik kantor BPJS Ketenagakerjaan ada baik nya kamu cari informasi dulu mengenai cara nya.


Langkah-langkah nya adalah sebagai berikut :

  • Daftar online nomor antrian

Sebelum berangkat ke kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat kamu harus daftar nomor antrian via online. Cara nya :
✔ Isi data yang tertera
✔ Setelah berhasil Screen Shoot kode booking nya dan barcode. Lebih mudah copy saja link nya.

  • Berkas  persyaratan yang perlu dibawa saat claim

Kartu Peserta Tenaga Kerja (Asli)
✔ KTP (asli dan satu lembar foto copy)
✔ Kartu Keluarga (asli dan satu lembar foto copy)
✔ Surat Keterangan Kerja / varklaring, kamu bisa minta surat ini pada HRD perusahaan tempat kamu bekerja (asli dan satu lembar fotocopy)
✔ Buku Rekening (asli dan satu lembar fotocopy)
✔ Formulir JHT yang telah diisi, formulir ini akan didapat pada saat kita datang ke BPJS Ketenagakerjaan. Jadi jangan lupa bawa Pena yaaa.

Jika persyaratan sudah dilengkapi, baru bisa Claim dana BPJS Ketenagakerjaan dengan tenang hati tanpa ragu dan bimbang 😂😂.

Petugas keamanan akan membantu kita mendapatkan no antrian dengan cara scan barcode ataupun memasukan no booking yang sudah kita screen shoot tadi. Jangan lupa datang sesuai jam daftar (jam daftar diisi pada saat kita booking online) dan jangan terlambat jika terlambat kita harus mengulang lagi daftar online dan kembali pada keesokan hari nya.

No antrian sudah ditangan tinggal menunggu giliran dipanggil untuk proses pengecekan berkas oleh petugas. Jika dirasa sudah lengkap, petugas akan menjelaskan hitungan dana yang akan kita dapat. Jika setuju kita akan tandatangani surat persetujuan dan dana 10% tersebut akan ditransfer ke rekening kamu dalam kurun waktu satu minggu.

Kamu bisa melihat saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan cara mendownload aplikasi BPJSTKU di Play Store gadget kamu. 

Gambar Aplikasi BPJSTKU yang dilingkar

Nah itulah cara bisa Claim dana BPJS  Ketenagakerjaan walaupun masih bekerja. Semoga sharing ini bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar